Fungsi Dan Cara Kerja Bandwidth Dalam Jaringan

Pengertian Bandwidth Dalam Jaringan Komputer

Apa itu bandwidth? Jika kita seorang yang gres mengenal IT niscaya akan sangat abnormal dengan istilah ini, kadang orang juga menanyakan kenapa internetnya sanggup lambat atau mungkin koneksi internet disana lebih cepat, dan lain sebagainya. jawabanya adlah alasannya yakni banwidth. Bandwidth merupakan perhitungan konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam satuan bit per detik (bps) yang terjadi antara komputer server dan komputer client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Maka sanggup diartikan pula semakin besar bandwidth dalam jaringan tersebut maka sanggup dipastikan susukan internet akan lebih cepat.


Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Repeater Dalam Jaringan Komputer

Fungsi Bandwidth Dalam Jaringan

Ada banyak fungsi dari bandwidth dalam jaringan komputer selain hanya sebagai perhitungan konsumsi transfer data. berikut yakni beberapa fungsi dari Bandwidth dalam jaringan:

1. Bandwidth Sebagai media Pengiriman Paket Data
Saat kita memakai kabel LAN atau jaringan nirkabel bandwidth akan bekerja sebagai jalur penghubung yang menghubungkan proses transfer data.

2. Bandwidth Sebagai Pembatas Kecepatan Transfer
Administrator jaringan memakai bandwitdh untuk membatasi kecepatan tarnsfer data sehingga sanggup menghindari tindak pencurian.

3. Bandwidth Sebagai Pembatas Kecepatan Pengiriman Data
Selain sebagai pembatas kecepatan transfer bandwdth juga sanggup dipakai untuk membatasi kecepatan pengiriman paket data sehingga jikalau kita hanya dibatasi 2 GB maka saat kita akan mengirimkan paket data yang melebihi batas yang ditentukan maka pengiriman paket tidak sanggup dilanjutkan

Baca Juga: Kelebihan dan Kelemahan Topologi Hibrid

Cara Kerja Bandwidth Dalam Jaringan

Bandwidth merupakan bab yang paling penting dalam pengiriman paket data dalam jaringan, alasannya yakni semua aktifitas pengiriman baik transfer maupu pengiriman data sanggup bekerja alasannya yakni ada komponen ini. Untuk mengetahui cara kerja dari bandwidth maka cara kerja dari bandwidth yakni sebagaimana fungis dari bandwidth sehingga jikalau bandwidth sebagai pembatas pengiriman paket data maka bandwidth akan membatasi kapasitas maksimal pengiriman paket data dalam jaringan.

Kapasitas bandwidth jaringan komunikasi sanggup mempengaruhi kinerja jaringan tersebut, apakah cepat atau lambat. Namun, tentu saja masih ada faktor lain yang mempengaruhinya, contohnya latency, packet loss, dan lain-lain. Ketika kita terhubung dengan suatu jaringan, umumnya ada batasan volume susukan yang ditetapkan. Semakin besar bandwidth yang ditetapkan maka jumlah kapasitas data yang sanggup ditransfer pun akan semakin besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel