Kupas Tuntas Cara Mencetak/Print Out Excel, Mulai Dari Cara Semoga Muat Satu Halaman Sampai Mencetak Halaman Tertentu Saja
Friday, January 20, 2012
Edit
Anda niscaya sering menciptakan laporan, semisal laporan keuangan, dengan memakai Ms. Excel. Laporan tersebut dibentuk formatlandscape ataupun portait. Sayangnya, dikala Anda cetak, jadinya malah terpotong. Padahal di lembar kerja Ms. Excel sudah muat satu halaman. Lalu bagaimana cara print lembar excel agar sempurna menjadi satu halaman penuh? Bagaimana cara mengatur area print excel 2016? Bagamana caranya print excel semoga tidak terpotong dan muat satu halaman? Bagaimana cara ngprint excel format landscape dan portrait? Bagaimana caranya mencetak worksheet halaman tertentu pada excel?
Beberapa dari Anda mungkin berusaha mengatur ulang seluruh atau sebagian kolom semoga pas sesuai print Area. Melalui pertolongan area print yang terlihat di worksheet, Anda mencoba mengatur lebar kolom satu per satu. Ini sebetulnya cara yang tidak efektif dilakukan. Ada cara yang lebih mudah dibandingkan Anda mengatur kolom satu per satu. Yaitu dengan tehnik mencetaknya itu sendiri.
Perhatikan gambar berikut:
Dari gambar di atas, terlihat sebuah laporan yang dibentuk di Excel dan sudah dilengkapi border tabelnya. Area Kerja saya yakni semua yang saya tulis di lembar kerja excel tersebut.
Untuk melihat area kerja excel saya, Anda sanggup mengeklik bab bawah sebelah kiri. Nantinya akan tampil menyerupai gambar berikut:
Sedangkan area print (Print Area) yakni area dalam lembar kerja yang akan tercetak sesuai dengan settingan page setup. Perhatikan area sel yang berwarna merah pada gambar berikut:
Area Print atau Print Area ditandai dengan garis putus-putus pada garis sel yang ada di worksheet. Area print inilah yang akan dicetak oleh printer dalam satu lembar kertas.
Bagaimana, sudah pahamkan?
Lalu bagaimana jika di worksheet tidak tampak garis-garis area print-nya?
Ini terjadi biasanya, Anda kali pertama membuka Ms. Excel. Lembar kerja Worksheet Excel akan tampak polos dan tidak ada tanda garis print areanya. Cara memunculkan print area tersebut dilakukan dangan cara:
klik Menut Tab (Page Layout) kemudian pilih "Orientation", Anda pilih format "Landscapet" atau "Portrait", nanti akan terlihat kok sesudah Anda memilihnya. Perhatikan gambar:
sudah paham ya bedanya Area Print dan Area Kerja? Sekarang bagaimana caranya saya mencetak area kerja tersebut dalam satu halaman?
Ikut klarifikasi berikut:
Dari gambar di atas, tampak suatu dokumen dalam format landscapee
Langkah-langkah yang harus diperhatikan:
Untuk menentukan area kerja yang akan dicetak saja, Anda sorot/pilih bab area kerja yang akan diprint, kemudian Anda pilih Menu Tab "Page Layout" >> Pilih "Print Area" pada grup hidangan "Page Setup", kemudian pilh "Set Print Area".
Perhatikan gambar.
Ketika Anda sudah menentukan area kerja yang akan dicetak saja, maka sel yang tidak sengaja Anda ketik tidak akan tercetak.
Ketika Anda pribadi mencetak dokumen tanpa mensetting printernya, maka hasil yang tercetak menjadi 2 halaman. Nah, untuk membuatnya menjadi satu halaman, atur skala printernya dengan cara pilih Menu Bar File (Ms. Excel 2010 - 2016, logo file pada Ms. Excel 2007), pilih Print, kemudian pilih "Scaling" kemudian pilih "Fit Sheet on One Page".
Perhatikan gambar:
Setelah selesai, maka Anda tinggal klik Print saja.
Dari pembahasan ini, Anda sudah sanggup mempelajari bagaimana mencetak dokumen excel semoga tercetak dalam satu halaman.
Lalu bagaimana jika laporan menyerupai yang saya buat lebih panjang. Maksudnya, laporan tersebut ada hingga ke bawah. Apakah dengan cara di atas?
Begini, cara di atas yakni cara semoga satu dokumen sanggup muat dalam satu halaman lembar kertas. Jika area kerja Anda lebih dari itu, maka dipastikan Anda membutuhkan lembar kertas lebih dari satu. Agar ttap muat, gunakan skala dan mmilih "Fit All Columns on One Page".
Lalu bagaimana caranya kita mencetak worksheet pada halaman tertentu saja? Berikut penjelasannya
Caranya yakni dengan mengatur "Print Area" yang akan kita pilih untuk dicetak. Langkah-langkahnya:
Select atau Sorot halaman pertama yang akan Ada dicetak, Lalu pilih Menu Tab "Page Layout" >> Pilih "Print Area" pada grup hidangan "Page Set-up", kemudian pilh "Set Print Area".
Anda sekarang sudah menyeleksi halaman tertentu pertama Anda, selanjutnya ...
Select halaman lain yang Akan Anda pilih kemudian pilih Lalu pilih Menu Tab "Page Layout" >> Pilih "Print Area" pada grup hidangan "Page Set-up", kemudian pilh "Add to Print Area".
Anda sanggup menentukan seberapa banyak halaman yang akan dicetak.Yang mesti diingat adalah, urutan dalam menciptakan add print area ini. Anda harus urut dalam menyeleksi area print yang akan Anda cetak.
Setelah selesai, silakan klik Print. Maka hasil cetaknya sesuai dengan halaman yang Anda pilih saja.
Untuk menghapus semua Print Area, silakan pili "Clear Print Area."
Itulah cara tuntas mencetak Excel. Semoga bermanfaat....
Beberapa dari Anda mungkin berusaha mengatur ulang seluruh atau sebagian kolom semoga pas sesuai print Area. Melalui pertolongan area print yang terlihat di worksheet, Anda mencoba mengatur lebar kolom satu per satu. Ini sebetulnya cara yang tidak efektif dilakukan. Ada cara yang lebih mudah dibandingkan Anda mengatur kolom satu per satu. Yaitu dengan tehnik mencetaknya itu sendiri.
Baca juga: Cara mencetak (Nge-print) Dokumen dalam Format Buku
Pahami dulu Area Print (Print Area) dengan Area Kerja Anda di Excel
Perhatikan gambar berikut:
Dari gambar di atas, terlihat sebuah laporan yang dibentuk di Excel dan sudah dilengkapi border tabelnya. Area Kerja saya yakni semua yang saya tulis di lembar kerja excel tersebut.
Untuk melihat area kerja excel saya, Anda sanggup mengeklik bab bawah sebelah kiri. Nantinya akan tampil menyerupai gambar berikut:
Sedangkan area print (Print Area) yakni area dalam lembar kerja yang akan tercetak sesuai dengan settingan page setup. Perhatikan area sel yang berwarna merah pada gambar berikut:
Area Print atau Print Area ditandai dengan garis putus-putus pada garis sel yang ada di worksheet. Area print inilah yang akan dicetak oleh printer dalam satu lembar kertas.
Bagaimana, sudah pahamkan?
Lalu bagaimana jika di worksheet tidak tampak garis-garis area print-nya?
Ini terjadi biasanya, Anda kali pertama membuka Ms. Excel. Lembar kerja Worksheet Excel akan tampak polos dan tidak ada tanda garis print areanya. Cara memunculkan print area tersebut dilakukan dangan cara:
klik Menut Tab (Page Layout) kemudian pilih "Orientation", Anda pilih format "Landscapet" atau "Portrait", nanti akan terlihat kok sesudah Anda memilihnya. Perhatikan gambar:
sudah paham ya bedanya Area Print dan Area Kerja? Sekarang bagaimana caranya saya mencetak area kerja tersebut dalam satu halaman?
Ikut klarifikasi berikut:
Dari gambar di atas, tampak suatu dokumen dalam format landscapee
Cara Mencetak File Excel semoga Muat Satu halaman
Langkah-langkah yang harus diperhatikan:
Pastikan dokumen worksheet Anda sudah selesai/tuntas.
Pastikan area print (Print Area) yang akan dicetak
Ini untuk memastikan tidak ada sel yang secara sengaja atau tidak sengaja Anda mengetik di luar area kerja Anda. Sehingga area kerja malah bertambah lebar. Perhatikan gambar:Untuk menentukan area kerja yang akan dicetak saja, Anda sorot/pilih bab area kerja yang akan diprint, kemudian Anda pilih Menu Tab "Page Layout" >> Pilih "Print Area" pada grup hidangan "Page Setup", kemudian pilh "Set Print Area".
Perhatikan gambar.
Ketika Anda sudah menentukan area kerja yang akan dicetak saja, maka sel yang tidak sengaja Anda ketik tidak akan tercetak.
Mensetting Skala Printer
Ketika Anda pribadi mencetak dokumen tanpa mensetting printernya, maka hasil yang tercetak menjadi 2 halaman. Nah, untuk membuatnya menjadi satu halaman, atur skala printernya dengan cara pilih Menu Bar File (Ms. Excel 2010 - 2016, logo file pada Ms. Excel 2007), pilih Print, kemudian pilih "Scaling" kemudian pilih "Fit Sheet on One Page".
Perhatikan gambar:
Setelah selesai, maka Anda tinggal klik Print saja.
Dari pembahasan ini, Anda sudah sanggup mempelajari bagaimana mencetak dokumen excel semoga tercetak dalam satu halaman.
Baca juga semua wacana Tutorial Print di blog ini
Lalu bagaimana jika laporan menyerupai yang saya buat lebih panjang. Maksudnya, laporan tersebut ada hingga ke bawah. Apakah dengan cara di atas?
Begini, cara di atas yakni cara semoga satu dokumen sanggup muat dalam satu halaman lembar kertas. Jika area kerja Anda lebih dari itu, maka dipastikan Anda membutuhkan lembar kertas lebih dari satu. Agar ttap muat, gunakan skala dan mmilih "Fit All Columns on One Page".
Lalu bagaimana caranya kita mencetak worksheet pada halaman tertentu saja? Berikut penjelasannya
Cara Mencetak Excel pada Halaman Tertentu Saja
Caranya yakni dengan mengatur "Print Area" yang akan kita pilih untuk dicetak. Langkah-langkahnya:
Select atau Sorot halaman pertama yang akan Ada dicetak, Lalu pilih Menu Tab "Page Layout" >> Pilih "Print Area" pada grup hidangan "Page Set-up", kemudian pilh "Set Print Area".
Anda sekarang sudah menyeleksi halaman tertentu pertama Anda, selanjutnya ...
Select halaman lain yang Akan Anda pilih kemudian pilih Lalu pilih Menu Tab "Page Layout" >> Pilih "Print Area" pada grup hidangan "Page Set-up", kemudian pilh "Add to Print Area".
Anda sanggup menentukan seberapa banyak halaman yang akan dicetak.Yang mesti diingat adalah, urutan dalam menciptakan add print area ini. Anda harus urut dalam menyeleksi area print yang akan Anda cetak.
Setelah selesai, silakan klik Print. Maka hasil cetaknya sesuai dengan halaman yang Anda pilih saja.
Untuk menghapus semua Print Area, silakan pili "Clear Print Area."
Itulah cara tuntas mencetak Excel. Semoga bermanfaat....