Pengertian Dan Fungsi Aplikasi

Pengertian Aplikasi Adalah

Aplikasi atau application dalam ilmu komputer sanggup diartikan sebagai sebuah software atau perangkat lunak yang berjalan pada sistem tertentu untuk sanggup melakakan perintah atau intruksi.

Pada ketika kini ini banyak sekali aplikasi yang sanggup kita jumpai,. alasannya ialah pada jaman kini kebanyakan orang memakai aplikasi tertentu untuk melaksanakan pekerjaannya. Ada beberapa kategori dari aplikasi yang sanggup kita jumpai pada ketika ini, yaitu:

  • Aplikasi mobile, aplikasi ini kini banyak kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu aplikasi yang dijalankan pada perangkat mobile, menyerupai chrome, uC browser, Facebook lite, twitter mobile, Whatsapp, dan aplikasi lainnya.
  • Aplikasi Web, yaitu sebuah aplikasi yang hanya sanggup dijalankan pada perangkan komputer(PC) dan laptop. Biasanya kita harus menginstall terlebih dahulu aplikasi tersebut sebelum menggunakannya. Contoh dari aplikasi desktop ialah ms office, gom player, winamp media player dan lain-lain.
  • Aplikasi Web, yaitu sebuah aplikasi yang dijalankan dengan memakai perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan. Biasanya aplikasi ini berbasis server-client sehingga ada komputer yang bertugas sebagai server yang menampung semua data dan client akan memanggil aplikasi tersebut dari desktop mereka.

Baca Juga: Fungsi dan Cara kerja Bandwidth dalam Jaringan


Pengertian Aplikasi berdasarkan Pada Ahli

Ada beberapa mahir yang mengemukakan teori wacana aplikasi, berikut ialah pengertian dari aplikasi berdasarkan beberapa ahli:

1. Sri Widianti
Menurut Sri Widianti, arti aplikasi ialah suatu perangkat lunak yang dibentuk sebagai front end sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola data sehingga menjadi suatu warta yang bermanfaat bagi pengguna.

2. Rachmad Hakim S.
Menurut Rachmad Hakim S, pengertian aplikasi ialah sebuah software yang dibentuk untuk tujuan tertentu, misalnya; untuk mengolah dokumen, permainan (game), dan lain sebagainya.

3. Ali Zaki dan Smitdev Community
Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community, pengertian aplikasi ialah suatu komponen yang bermanfaat sebagai media untuk mengoperasikan pengolahan data atau kegiatan lainnya, misalnya; menciptakan dan mengolah file atau dokumen.

4. Hengky W. Pramana
Menurut Hengky W. Pramana, pengertian aplikasi ialah suatu perangkat lunak yang dibentuk khusus untuk memenuhi kebutuhan aneka macam acara dan pekerjaan, misalnya; pelayanan masyarakat, acara niaga, periklanan, game, dan aneka macam acara lainnya.

5. Harip Santoso
Menurut Harip Santoso, pengertian aplikasi ialah suatu kelompok file (report, class, form) yang dibentuk untuk mengeksekusi kegiatan tertentu yang saling berhubungan, misalnya; aplikasi fixed asset dan aplikasi payroll.

Baca Juga: Jenis-jenis Cache pada Komputer

Fungsi Aplikasi Adalah

Aplikasi menjadi musim untuk ketika ini, hampir semua bidang pekerjaan berusaha untuk menciptakan aplikasi untuk memudahkan kerja mereka. Berikut ialah fungsi dari aplikasi:

1. Fungsi Aplikasi Pada Bidang Pendidikan
Di bidang pendidikan aplikasi berkembang pesat yang banyak digunakan untuk materi pembelajaran. Aplikasi memungkinkan guru dan siswa tiak harus bertatap muka tetapi sanggup memakai aplikasi berbasis web. Selain itu dengan aplikasi juga sanggup digunakan untuk menciptakan ujian online sehingga guru eksklusif sanggup mengetahui hasil nilai yang didapatkan.

2. Fungsi Aplikasi Pada Bidang Kedokteran
Pada bidang kedokteran aplikasi akan membantu mepermudah dokter untuk menciptakan analisis untuk mediagnosis penyakit, dan masih banyak lagi aplikasi yang digunakan dalam ilmu kedokteran

3. Fungsi Aplikasi Pada Bidang Bisnis
Dari semua bidang, fungsi aplikasi yang paling banyak dimanfaatkan ialah dalam bisang bisnis. hampir semua orang memakai aplikasi untuk melaksanakan bisnis. baik itu email, website, aplikasi untuk jual beli dan lain-lain.

4. Fungsi Aplikasi Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan
Dalam bidang pengetahuan aplikasi berfungsi untuk mempercepat memperoleh warta sehingga sangat cepat dalam melaksanakan pengembangan. Untuk mempelajari sesuatu kita sanggup bergabung dengan aplikasi berbasis komunitas sehingga kita sanggup melaksanakan sharing terhadap apa yang sedang kita pelajari dan mendapat pengalaman dari orang-orang yang tergabung dalam komunitas tersebut.

5. Fungsi Aplikasi Dalam Bidang Militer
Sebenarnya banyak aplikasi yang digunakan untuk militer, menyerupai halnya aplikasi pengenal sidik jari, aplikasi pengontrol pesawat dan lain sebagainya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel