Cara Gampang Menciptakan Strukutur Organisasi Dengan Manfaatkan Excel!
Sunday, January 22, 2012
Edit
Assalamualaikum, mitra ...
Kali ini saya akan membuatkan tutorial bagaimana caranya menciptakan skema struktur organiasi di excel. Langkah ini cukup gampang untuk dilakukan lantaran di Excael lembar kerjanya berbentuk grid-grid yang memandu pembuatan bagan. Pada tutorial kali ini, saya membuatnya di excel 2010. Sebenarnya versi Excel apapun sama saja alasannya yaitu cara menciptakan strukutur organisasi ini hanya membutuhkan Menu Tab utama dari Excel.
Sebelum menciptakan struktur organisasi di excel, ada baiknya Anda buat sketsa atau oret-oretan terlebih dulu di kertas. Catat bagaimana bentuknya dan bagaimana alur koordinasinya.
Setelah Anda merasa yakin untuk membuatnya di komputer, silakan Anda buat dengan aplikasi yang Anda kuasai. Jangan beranggapan bahwa dalam pembuatan skema struktur organisasi hanya bisa dilakukan di aplikasi pembuatan gambar menyerupai photoshop atau corel draw.Meskipun itu benar, tetapi Anda membutuhkan kemampuan lebih untuk mengoperasikan aplikasi itu biar skema struktur organisasi sesuai dengan harapan.
Nah, kali ini saya mencoba untuk membantu Anda bagaimana caranya menciptakan struktur organisasi dengan aplikasi yang sehari-hari Anda gunakan. Saya menentukan Microsoft Excel lantaran lembar kerjanya sudah ada kolom-kolom yang akan menjadi panduan dalam menciptakan struktur organigram.
Contoh organigram yang akan saya buat yaitu struktur organisasi panitia USBN 2018. Ini hanya pola saja, alasannya yaitu organigram apapun sama saja bentuk dan fungsinya.
Ok, kita mulai saja. Langkah-langkanhya adalah
Gambar di atas yaitu tampilan default lembar kerja Microsoft excel. Kebetulan yang saya buka yaitu microsoft excel 2010.
Caranya klik tombol berbentuk ini:
Nantinya akan lembar kerja akan terpilih semua. Tandanya lembar kerja nya tersorot. Lalu, klik-tahan kolom A sesuai dengan panjang lebar nomor 1.
Kini langkah awal menyiapkan lembar kerja untuk menciptakan strukuktur organigram sudah beres. Selanjutnya yaitu mengetikkan identitas semua strukutur organigram
Di sini, yang perlu diperhatikan yaitu mengira-ngira jarak antar bab skema yang satu dengan yang lain. Sehingga akan terlihat lebih natural. Perhatikan pola yang saya buat berikut:
Gambar di atas mendeskripsikan jarak antar satu identitas skema yang satu dengan lain. Ini sekadar contoh, bisa jadi jarak yang Anda butuhkan lebih banyak atau lebih sedikit.
Aturan yang saya buat dalam menentukan jarak yaitu saya ingin setiap skema nantinya diberi jarak dua baris k, fungsinya untuk menciptakan skema tersebut bisa di-merge.
Blok bab yang akan di gabungkan atau di-merge, kemudian klik tombol berikut:
di Menu Tab: Home>>Alignment>> Merge &Center
Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar:
Kemudian border bab bagan dengan menyorot area sel yang akan dibentuk border kemudian pilih border dan pilih Outline Borders.
Silakan Anda kreasikan sendiri bagaimana bentuk organigramnya dengan tombol menu-menu di atas
Ikuti langkah-langkah ini:
Hilangkan garis grid (garis bantu kotak-kotak) pada lembar kerja dengan cara klik Menu Tab “View” >> hilangkan ceklist pada “Gridliness”. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:
Sehingga tampilan lembar kerja dan organigram yang sudah dibentuk akan tampil menyerupai gambar berikut:
Selanjutnya, skema organigram ini akan dibentuk gambar caranya:
- Sorot bab organigram yang sudah jadi, kemudian klik kanan “Copy”
- Kemudian pilih sembarang sel untuk daerah sel, kemudian klik kanan kemudian piih Paste Special >> Picture.
Maka hasil dari paste tersebut sudah menjadi gambar.
Gambar hasil paste sanggup Anda copy di dokumen yang Anda ingin tampilkan. Pastekan saja organigram tersebut di Microsoft Word ataupun powerpoint atau di dokumen lainnya.
Demikianlah cara menciptakan strukutur organisasi di Microsoft Excel. Semoga bermanfaat.
Kali ini saya akan membuatkan tutorial bagaimana caranya menciptakan skema struktur organiasi di excel. Langkah ini cukup gampang untuk dilakukan lantaran di Excael lembar kerjanya berbentuk grid-grid yang memandu pembuatan bagan. Pada tutorial kali ini, saya membuatnya di excel 2010. Sebenarnya versi Excel apapun sama saja alasannya yaitu cara menciptakan strukutur organisasi ini hanya membutuhkan Menu Tab utama dari Excel.
Sebelum menciptakan struktur organisasi di excel, ada baiknya Anda buat sketsa atau oret-oretan terlebih dulu di kertas. Catat bagaimana bentuknya dan bagaimana alur koordinasinya.
Setelah Anda merasa yakin untuk membuatnya di komputer, silakan Anda buat dengan aplikasi yang Anda kuasai. Jangan beranggapan bahwa dalam pembuatan skema struktur organisasi hanya bisa dilakukan di aplikasi pembuatan gambar menyerupai photoshop atau corel draw.Meskipun itu benar, tetapi Anda membutuhkan kemampuan lebih untuk mengoperasikan aplikasi itu biar skema struktur organisasi sesuai dengan harapan.
Bagaimana Caranya Membuat Strukutur Organisasi di Excel
Nah, kali ini saya mencoba untuk membantu Anda bagaimana caranya menciptakan struktur organisasi dengan aplikasi yang sehari-hari Anda gunakan. Saya menentukan Microsoft Excel lantaran lembar kerjanya sudah ada kolom-kolom yang akan menjadi panduan dalam menciptakan struktur organigram.
Contoh organigram yang akan saya buat yaitu struktur organisasi panitia USBN 2018. Ini hanya pola saja, alasannya yaitu organigram apapun sama saja bentuk dan fungsinya.
Ok, kita mulai saja. Langkah-langkanhya adalah
1. Buka Microsoft Excel dikomputer Anda.
Tampilan Microsoft Excel |
Gambar di atas yaitu tampilan default lembar kerja Microsoft excel. Kebetulan yang saya buka yaitu microsoft excel 2010.
2. Buat kolom-kolom (grid) pada excel sebagai panduan menciptakan organigram
Caranya klik tombol berbentuk ini:
Mengatur lebar sel sebagai panduan |
Kini langkah awal menyiapkan lembar kerja untuk menciptakan strukuktur organigram sudah beres. Selanjutnya yaitu mengetikkan identitas semua strukutur organigram
3 Ketikan identitas organigram.
Di sini, yang perlu diperhatikan yaitu mengira-ngira jarak antar bab skema yang satu dengan yang lain. Sehingga akan terlihat lebih natural. Perhatikan pola yang saya buat berikut:
Mengetik identitas organigram dan mengira-ngira jaraknya |
Gambar di atas mendeskripsikan jarak antar satu identitas skema yang satu dengan lain. Ini sekadar contoh, bisa jadi jarak yang Anda butuhkan lebih banyak atau lebih sedikit.
Aturan yang saya buat dalam menentukan jarak yaitu saya ingin setiap skema nantinya diberi jarak dua baris k, fungsinya untuk menciptakan skema tersebut bisa di-merge.
Baca juga: Cara Mencetak (Nge-print) Dokumen dalam Format Buku
4. Gunakan Merge, border, dan format cells untuk menciptakan skema identitas organigram
Merge fungsinya untuk menggabungkan beberapa sel. Border fungsinya menunjukkan border untuk garis tepi skema identitas. Caranya:Blok bab yang akan di gabungkan atau di-merge, kemudian klik tombol berikut:
di Menu Tab: Home>>Alignment>> Merge &Center
Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar:
Memberikan border pada skema organigram |
Kemudian border bab bagan dengan menyorot area sel yang akan dibentuk border kemudian pilih border dan pilih Outline Borders.
Silakan Anda kreasikan sendiri bagaimana bentuk organigramnya dengan tombol menu-menu di atas
Baca juga artikel terbaru: Mengapa Guru Harus Menguasai Formula Microsoft Excel
5. Jika organigram Anda sudah jadi, selanjutnya yaitu membuatnya menjadi gambar.
Ikuti langkah-langkah ini:
Hilangkan garis grid (garis bantu kotak-kotak) pada lembar kerja dengan cara klik Menu Tab “View” >> hilangkan ceklist pada “Gridliness”. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:
Menghilangkan garis-garis pada sel |
Sehingga tampilan lembar kerja dan organigram yang sudah dibentuk akan tampil menyerupai gambar berikut:
Tampilan Organigram sudah siap |
- Sorot bab organigram yang sudah jadi, kemudian klik kanan “Copy”
- Kemudian pilih sembarang sel untuk daerah sel, kemudian klik kanan kemudian piih Paste Special >> Picture.
Paste dalam bentuk gambar (picture) |
Hasil pembuatan struktur organisasi dengan Excel 2010 |
Gambar hasil paste sanggup Anda copy di dokumen yang Anda ingin tampilkan. Pastekan saja organigram tersebut di Microsoft Word ataupun powerpoint atau di dokumen lainnya.
Demikianlah cara menciptakan strukutur organisasi di Microsoft Excel. Semoga bermanfaat.