Cara Menjumlahkan Angka Secara Otomatis (Fungsi Sum) Pada Microsoft Office Excel

Aplikasi Microsoft Office Excel ialah aplikasi pengolah angka yang sangat membantu user dalam melaksanakan pengerjaan penghitungan matematika secara cepat. Aplikasi ini lebih sering dipakai untuk menciptakan laporan keuangan. Menggunakan microsoft office excel menciptakan kita bekerja lebih cepat dalam melaksanakan perhitungan baik yang seerhana maupun perhitungan yang paling rumit sekalipun.

Banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Apkan tetapi kita harus benar-benar memahami semua fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Excel biar sanggup memakai aplikasi ini secara maksimal. Pada kesempatan kali ini aku akan membahas salah satu fungsi pada microsoft excel yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang. Fungsi tersebut ialah fungsi SUM pada Microsoft Excel.

Fungsi SUM pada Microsoft Office Excel merupakan salah satu fungsi matematika dan trigonometri dengan menambahkan nilai. Dengan memakai fungsi ini anda sanggup menjumlahkan angka - angka secara otomatis. Selain itu kita juga sanggup menjumlahkan angka dalam rentang tertentu secara otomatis.

Baca JugaTutorial Microsoft Effice

Rumus umum memakai fungsi SUM pada Microsoft Excel
         
         =SUM(number1,number2)

Sehingga untuk menjumlahkan angka anda sanggup melaksanakan ibarat langkah  dibawah ini:
1. Siapkan angka-angka yang akan dijumlahkan
2. Selanjutnya klik kotak cell dimana letak dari hasil penjumlahan
3. Selanjutkan ketikan rumus =SUM(number1,number2)
4. Pada number 1 dan 2 klik pada kotak cell yang akan di jumlahkan, lalu klik enter untuk melihat hasilnya

5. Jika penjumlahan lebih dari 2 angka maka kita tinggal menambahkan kotak cell pada number 3


Baca Juga: Fitur-fitur Mocrosoft Office 2016

Menjumlahkan angka dalam rentang tertentu

Untuk menjumlahkan angka pada rentang tertentu di Microsoft Excel kita sanggup melaksanakan group cell dengan cara melaksanakan selection pada cell yang diinginkan. Langkah untuk menjumlahkan angka pada rentang tertentu ialah sebagai berikut:

1. Ketikan =SUM pada cell yang akan di gunakan untuk meletakkan hasil penjumlahan
2. Masukan rumus rentang atau biasa disebut dengan argumen dengan cara menyeret cell awal hingga cell simpulan yang akan di rentang. Anda sanggup klik pada cell awal lalu tahan, selanjutnya seret hingga simpulan cell yang akan dijumlahkan. maka rumus yang akan keluar ialah =SUM(cell_awal:cell_akhir). Contoh: =SUM(A2:C2)

3. Kemudian Tutup perintah dengan tanda kurung tutup



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel