Mengapa Guru Harus Dapat Menguasai Formula Microsoft Excel


Sejak diberlakukannya kurikulum nasional (kurikulum 2013), guru harus menguasai perangkat komputer dan internet. Penguasaan komputer dan internet ini menunjang kiprah guru dalam melakukan kiprah pokoknya. Misalnya saja menciptakan materi bimbing yang terintegrasi sumber berguru digital (bse buku guru).

 Sejak diberlakukannya kurikulum nasional  Mengapa Guru harus bisa menguasai Formula Microsoft Excel


Penilaian kurikulum 2013 meliputi 4 aspek yang semuanya harus diukur dan dinilai. Keempat aspek tersebut yakni aspek spiritual, aspek sosial, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Pengolahan tiap aspeknya pun berbeda sesuai dengan instruksi dari Kemendikbud. Penilaiain ini diolah guru yang bersinggungan eksklusif dengan murid demi mengetahui perkembangan hasil belajar.

Sejak diberlakukannya kurikulum 2013, memang mengakibatkan pro dan kontra di kalangan para pendidik. Sistem evaluasi yang rumit menciptakan sebagian guru merasa kesulitan mengolah hasil belajar. Meski Dinas Pendidikan terkait memperlihatkan pelatihan-pelatihan mengenai kurikulum 2013, para guru tidak sepenuhnya paham. Belum lagi, laporan hasil berguru atau raport memakai sistem deskripsi dimana nilai-nilai hasil berguru siswa harus dideskripsikan mana-mana kompetensi dasar yang sangat dikuasai dan kurang terlalu dikuasai.

Deskripsi hasil berguru dengan mengacu pada kriteria tertentu menciptakan guru yang belum paham evaluasi kurikulum 2013 akan mengalami kesulitan. Apalagi kalau dilakukan secara manual -- tanpa pinjaman komputer -- akan membutuhkan waktu yang usang dan melelahkan. Maka dari itu diciptakanlah semacam aplikasi pengolahan nilai berbasis Microsoft Excel.

Pengolahan nilai dalam kurikulum 2013 akan gampang dilakukan melalui perangkat komputer dengan software spreadsheet menyerupai Microsoft Excel. Karena sifatnya yang bersifat menyerupai pengolahan data, Microsoft Excel menjadi alat bantu wajib untuk mengolah hasil berguru dalam pembelajaran kurikulum 2013. Maka tak heran kalau di alat pencarian daring menyerupai google, bermacam-macam aplikasi raport yang berbasis Microsoft Excel bertebaran di internet.

Berdasarkan pengamatan saya sendiri, aplikasi-aplikasi raport yang betebaran di internet tersebut memang memakai microsoft excel. Setidaknya, dengan memakai microsft excel telah disediakan beberapa formula untuk mengolah data-data yang dibutuhkan. Seperti formula penjumlahan, rata-rata, nilai maksimal, nilai minimal.


Deskripsi nilai pada laporan hasil berguru pun bisa diakses dengan pinjaman formula di dalam excel. Misalnya formula 'if condition' ataupun 'vlookup'. Asal mengerti formulasi di dalam excel, maka deskripsi akan muncul sesuai kriteria tertertentu yang diinginkan.

Pemahaman mengenai formula Microsoft Excel membantu guru dalam mengolah nilai. Tidak hanya itu, pemahaman mengenai dasar-dasar penggunaan Excel pun akan membantu guru dalam melaporkan manajemen penilaiannya. 

Setidaknya dengan menguasai beberapa pemahaman penggunaan excel berikut akan membantu kiprah guru dalam melaporkan administrasinya.

Formula-formula berikut ini cukup bermanfaat bagi guru dalam memakai Microsoft Excel



Fungsi Jumlah


Formulanya =Sum(RangeyangAkandiJumlah)


Fungsi jumlah dipakai untuk menghitung sekumpulan area (range) yang berisi angka-angka. Biasanya formula ini dipakai untuk menghitung jumlah nilai siswa dalam mata pelajaran tertentu.


Fungsi Rata-rata


Formulanya =Average(Rangeyangakandirata-rata)


Fungsi rata-rata dipakai untuk menghitung rata-rata dari sekumpulan area (range) yang berisi angka-angka. Misalnya mencari nilai rata-rata dari nilai mata pelajaran tertentu.


Fungsi Max


Formula = Max(RangeYangInginDicariNilaiTerbesarnya)


Sama halnya dengan fungsi rata-rata, fungsi max dipakai untuk mencari nilai terbesari dari sekumpulan area (range) yang berisi angka-angka.


Fungsi Min


Formula =Min(RangeYangInginDicariNilaiTerkecilnya)


Sama halnya dengan fungsi rata-rata dan fungsi max, fungsi min dipakai untuk mencari nilai terkecil dari sekumpulan area (range) yang berisi angka-angka.


Fungsi Rank


Formula =Rank(CellsNilaiAnak;RangeNilaiAcuan;0)


Fungsi rank dipakai untuk mencari rangking suatu nilai menurut area (range) nilai. Area nilai yang dimaksud yakni area sekumpulan nilai untuk membandingkan nilai seorang anak dengan seluruh nilai yang ada. Biasanya rangeNilaiAcuan diambil dari hasil penjumlahan.  Nilai absolute 0 merupakan kriteria yang akan diambil. 0 memperlihatkan data yang diambil dari terbesar ke terkecil (ascending). Sedangkan nilai absolute lain yakni 1 yang memperlihatkan data rangking dari nilai terkecil ke terbesar.

Penggunaan rumus untuk memisahkan CellsNilaiAnak dengan RangeNilaiAcuan tiap PC berbeda-beda. Ada yang memakai titik-koma (;) ada juga dengan memakai koma (,). Ini semua tergantung dari settingan waktu yang ada di komputer.


Fungsi = Index-Match


Sebenarnya fungsi index-match lebih saya sukai daripada VLookup dan HLookup. Anda boleh suka memakai formula VLookup atau HLookup untuk mencari data tertentu menurut kriterianya. Sama halnya dengan Index-match, formula ini dipakai untuk mencari kriteria tertentu menurut kecocokan (match) posisi kriteria.

Contoh formula index-match:


=INDEX(IndeksYangInginDicari;MATCH(SelKriteria;RangeKolompokSelKriteria;0)


Fomula Excel If


Satu lagi formula yang mesti dipahami guru yaitu formula excel if. Formula ini sering dipakai untuk mencari nilai tertentudengan persyaratan/kondisi benar dan salah. Dalam evaluasi kurikulum 2013, formula excel if sering dipakai untuk memilih kriteria dari nilai yang diperoleh siswa. Misalnya nilai yang diperoleh siswa yakni 76,65 kemudian diformulasikan dengan formula excel, maka akan tampil kriterianya.


Mohon maaf dalam postingan kali ini tidak saya cantumkan tutorial formulanya. Saya yakin dalam pencarian google banyak yang memposting mengenai formula-formula tersebut, bahkan mungkin lebih lengkap dari uraian postingan saya.

Selain mencari info mengenai cara mempelajari formula excel di google, Anda juga sanggup bergabung dalam forum-forum diskusi online. Misalnya grup Facebook Excel User Indonesia Group (EUIG), banyak para anggota grup yang siap membantu permasalahan formula excel Anda. Bahkan untuk tingkat lanjut dari sekadar formula, VBA sanggup Anda pelajari di grup ini.


Simpulan:


Microsoft Excel merupakan software yang mempunyai kegunaan untuk guru dalam mengolah manajemen evaluasi atau yang lainnya bersifat data. Dengan software ini, guru bisa mengolah nilai dengan cepat tanpa harus menghitung manual. Cukup dengan pengetahuan formula excel, maka pekerjaan kita akan terbantu dengan cepat.

Banyak info mengenai cara berguru formula excel di internet. Bahkan, banyak pula yang menyediakan semacam aplikasi pengolahan nilai untuk dijadikan laporan hasil belajar. Pembuat aplikasi raport rata-rata memakai formula dari excel. Kita tinggal menginput nilai, maka nilai bisa eksklusif jadi dan siap mencetaknya ke dalam format laporan hasil berguru (buku raport).

Namun, tidak semua aplikasi berbasis excel itu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Beberapa aplikasi berbasis excel yang betebaran di internet kebanyakan dirombak ulang oleh sekolah-sekolah untuk diadaptasi dengan kebijakan sekolah dalam evaluasi kurtilas. Untuk bisa menyesuaikannya diharapkan pemahaman dasar berupa pengetahuan mengenai formula microsoft excel.

Mungkin itu saja yang sanggup saya sampaikan, biar bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel