Pengertian Keragaman Komunikasi Pada Komunikasi Data

Pengertian Keragaman Komunikasi dalam Komunikasi Data

Jika dipilah berdasarkan suku katanya keragaman komunikasi terdiri dari 2 suku kata yaitu Keragaman dan Komunikasi. Keragaman itu sendiri berasal dari kata Ragam yang artinya lebih dari satu atau jumlah yang lebih banyak sedangkan arti dari kata Komunikasi ialah proses penyampaian gosip antar individu, baik perorangan, golongan maupun masyarakat. Dari pengertian diatas sanggup disimpulkan pengertian Keragaman Komunikasi sebagai berikut:

Keragaman komunikasi ialah satu atau lebih metode yang sanggup dipakai untuk mendyampaikan gosip yang saling terhubung antar individu, baik itu korelasi perorangan, golongan dan masyarakat.


Baca Juga: Pengertian, Macam, Perangkat dan Contoh Komunikasi Audio Pada Komunikasi Data

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Komunikasi berdasarkan Onong Uchjana Effendy 
Komunikasi ialah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu, mengubah sikap, pendapat atau sikap baik secara verbal (langsung) atau secara tidak eksklusif (melalui media)

2. Pengertian Komunikasi Menurut Lasswell 1960
Komunikasi ialah suatu proses yang menjelaskan siapa? menyampaikan apa? dengan jalan masuk apa? kepada siapa? dengan jawaban atau hasil apa? (Who? SaysWhat? In Which Channel? to Whom? Whith What Effect?)

Jika dianalisa lima unsur  menurut Lasswell (1960) ialah sebagai berikut:

a. Who? (Siapa / Sumber)
Sumber ialah pelaku utama yang memiliki kebutuhan utama untuk berkomunikasi atau yang memulai komunikasi

b. Says What? (Pesan)
Pesan ialah seperangkat simbol verbal/nonverbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan, maksud dari sumber.

c. In Which? Channel (Saluran / Media)
Saluaran atau media ialah wahana yang dipakai untuk memberikan peasn dari komunikator (sumber) kepada peserta baik secara eksklusif maupun tidak langsung.

d. To Whom? (untuk Siapa / penerima)
Penerima ialah orang/kelompok/organisasi yang mendapatkan pesan dari sumber.

e. With What Effect? (Dampak/efek)
Dampak atau imbas peserta pesan dari sumber ialah bertambahnya pengetahuan, perubahan sikap dan lain-lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel