Jenis-Jenis Audio Pada Komunikasi Audio

Pengertian Audio

Audio pada sistem komunikasi bercirikan sinyal elektrik yang dipakai untuk membawa unsur bunyi. Komunikasi Audio sendiri yakni Proses penyampaian pesan atau informasi memakai lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan.

Teknologi Audio berperan sangat penting pada teknologi komunikasi alasannya akan menguatkan dari effek visual atau informasi yang akan disampaikan.


Jenis-jenis Perangkat Audio

Ada tiga jenis perangkat audio yang paling umu digunakan, yaitu Audio CODEC, Audio Controller, Mikrofon dan Speaker.
  • Audio CODEC yaitu perangkat yang bisa melaksanakan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwitch.
  • Audio Controller yakni perangkat yang memungkinkan untuk melaksanakan fungsi kontrol terhadap efek akustik yang tidak dikehendaki dari speaker terhadap mikrofon menyerupai bunyi mencuit, echo, dan lain-lain
  • Mikrofon dan Speaker yakni perangkat Input/output dalam sistem Audio
Baca Juga: Macam-macam Audio Pada Komunikasi Audio

Jenis-jenis Format File Audio

Selain Perangkat Audio terdapat beberapa jenis format file audio yang paling sering dipakai menyerupai mp3, AIFF, ogg, wav, AAC , WMA dan Real Audio

1. MP3 atau MPEG 1/2 Audio Layer 3
Mp3 yakni format audio yang paling terkenal pada ketika ini. Format ini memakai algoritma audio lossy compression yang sanggup mengurangi ukuran file. Mp3 dikembangkan di Jerman fraunhofer Institute dan berbasis format MPEG.

2. AIFF dan AIFC (Audio Interchange File Format)
AIFF yakni format file yang tidak dikompres yang dikembangkan oleh Apple pada Machintosh dan Platform Unix

3. Ogg dan Ogg Vorbis
Ogg yakni format multimedia gratis yang dirancang untuk streaming dan penyimpanan yang sangat efisien. Ogg dikembangkan oleh Xiph.org Foundation. Begitu juga Ogg Vorbis yang berupakan codec audio gratis

Baca Juga: Kelebihan dan kelemahan Komunikasi Audio pada Komunikasi Data

4. WAV
WAV yakni standart audio yang dikembangkan oleh microsoft dan IBM. WAV yakni format utama untuk menyimpan data audio pada windows dan memakai metode yang sama dengan AIFF untuk menyimpan data. WAV memakai teknik pulse-code modulation(PCM)yang tidak dikompres.

5. AAC atau Advance Audio Codec
AAC yakni sistem lossy compression untuk file audio yang dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group untuk menggantikan MP3 yang memiliki kelebihan yaitu kompresi lebih effisien dan kualitas bunyi audio yang lebih baik dan mendukung audiomultichannel.

6. WMA (Windows Media Audio)
WMA yakni codec untuk lossy compression yang dikembangkan oleh microsoft untuk menyaingi mp3. Akan tetapi sementara ini Microsoft memposisikan WMA bersaing dengan AAC. WMA juga memakai sistem Digital Rights Management menyerupai AAC untuk perlindungan penggandaan dan membatasi pemutaran pada PC atau perangakat tertentu

7. Real Audio
real Audio yakni codec audio yang dikembangkan oleh Real Networks pada tahun 1995. Codec ini awalnya hanya dipakai untuk transmisi bandwitch yang rendah. Real Audio banyak dipakai oleh station radio untuk streaming program-program via internet secara realtime.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel